Jangan lewatkan artikel lainnya dengan mengeklik tombol like

Iklan Pop up Warning

Pasang Iklan Gan

Sejarah Singkat Internet Screamer atau JumpScare

Sejarah Singkat Internet Screamer - Internet screamer atau screamer internet  atau JumpScare adalah sebuah gambar, video, link, animasi atau game yang bertujuan untuk menakutnakuti penggunana. Internet screamrer bisa berupa Video yang mengagetkan (secara mendadak muncul wajah yang mengerikan), Game yang mengagetkan (tiba tiba muncul gambar yang menyeramkan), link dan sebagainya. Mengkin kita pernah melihat berbagai video di Youtube yang memiliki konsep screamer seperti video kursi goyang, hantu terbang, jangan dibuka dsb. Biasanya video ini memiliki awal yang kurang jelas, audio yang rendah, gambar yang kecil, dan terkadang kita disuruh mencari perbedaan.
Namun di akhir video akan muncul wajah yang memenuhi seluruh layar dan diiringi suara jeritan yang menusuk. Ada juga screamer yang berupa link berisi berita menarik namun setelah dibuka muncul gambar gambar yang menyeramkan. contohnya "Karena banyak tidur pria ini meninggal" namun pada saat kita buka akan muncul gambar gambar yang menyeramkan dan menakutkan seperti gambar hantu, pocong, kuntilanak dll.
Walaupun sebenarnya screamer itu sendiri dibuat untuk tujuan lelucon, namun hal tersebut tentunya sangat mengganggu.
Pada kesempatan kali ini Saya akan mencoba membahas mengenai screamer internet.
Screamer pertama kali yang tercatat dalam sejarah adalah screamer yang berbentuk video game yaitu Scary Maze Game (1996) yang dibuat oleh Mazeoleh Jeremy Winterrowd .
Dalam game ini pemain diharuskan menggunakan mouse mereka untuk memindahkan kursor atau anak panah sepanjang jalan tanpa menyentuh dinding. Sebelum permainan dimulai pemain disuruh untuk mengeraskan volume suara dan selama permainan berlangsung, dinding bertambah kecil, sehingga lebih sulit bagi pemain untuk menghindari menyentuh dinding, dan memaksa pemain untuk mendekatkan muka mereka ke layar monitor. Pada awalnya, jika pemain sengaja menyentuh dinding, hal itu akan menyebabkan kembali ke menu awal dan pemain harus mulai dari awal lagi. Namun, setelah pemain mencapai level 3, dinding begitu tipis sehingga menjadi sangat sulit untuk menghindari menyentuh dinding. Ketika pemain mencapai titik tertentu, dan di saat anak panah menyentuh dinding maka akan muncul sesosok wajah yang menyeramkan di layar bersamaan dengan jeritan menusuk.
Gambarnya sengaja saya coret-coret supaya kalian tidak kaget saat melihatnya.

Pada tahun 2006 ada sebuah video yang menunjukkan seorang anak sedang bermain Scary Maze Game di komputernya. Dan tak lama setelah itu muncul wajah mengerikan di layar monitor dengan suara jeritan yang keras. Anak itu berteriak dan memukul layar monitor berulang kali dan mulai menangis.

Game Screamer inilah yang menjadi cikal bakal munculnya berbagai Screaner di internet. Hingga saat ini sudah ada ribuan atau lebih Screamer yang dapat kita temukan di internet, baik itu berupa game, video, berita, link dan lain-lain.
Sebenarnya sebelum Scary Maze Game sudah ada screamer yang berbentuk film When a Stranger Calls (1979)


Pada tahun 2003 Screamer Kikia mulai beredar di web Taiwan, yang menampilkan seorang anak duduk di lapangan dan berjalan di tempat pasar sampai pada akhirnya layar berubah putih dan muncullah wajah menakutkan.

Kemudian pada tahun 2005 salah satu perusahaan minuman berebergi yang berasal dari Jerman meluncurkan Iklannya yeng berkonsep screamer. Iklan ini diciptakan oleh agen periklanan Jung von Matt untuk mempromosikan K-Fee, minuman kopi kaleng, yang membuat banyak orang bertanya-tanya, "Video Screamer untuk mempromosikan merek kopi?"
Di akhir iklan selalu muncul tulisan : "So wach warst du nie noch" yang diterjemahkan menjadi "Kau tidak pernah begitu terjaga."

Iklan K-fee ini memiliki banyak versi. Versinya yang paling terkenal adalah Auto Version yang biasanya kalian saksikan di Youtube dengan judul Hantu Terbang. Versi Auto di awal videonya nampak mobil yang berjalan di daerah perbukitan, namun di saat mobil tersebut terlihat muncullah Zombie yang berteriak. Atau bila kalian ingin melihat berbagai video dari iklan kopi ini, kalian bisa mencari di Youtubr dengan keyword "k-fee commercial"
Bayangkan saja bila iklan yang seperti ini ada di Indonesia. Malam malam mau tidur nonton TV eh, gak tahunya ada iklan kaya gini yang bikin kaget. Pastinya anak anak jadi penakut dan Saya yakin iklan ini langsung disemprit KPI.
Sampai saat ini sudah banyak sekali Screamer yang bermunculan di Internet, terutama yang berbentuk video seperti yang ada di Youtube.
Saya selalu menyarankan kepada kalian semua untuk lebih berhati hati dan jangan mudah percaya agar kita terhindar dari Screamer.
Semoga artikel ini berguna dan menambah wawasan khususnya mengenai Screamer Internet.

keyword: video mengagetkan, video mengerikan, sejarah video mengagetkan, sejarah video mengerikan, video mengagetkan pertama, game seram, game muncul gambar mengerikan, gambar mengagetkan pertama, screamer internet, internet screamer, apa itu internet screamer, iklan mengagetkan pertama

41 Responses to "Sejarah Singkat Internet Screamer atau JumpScare"

  1. Saya pernah kena ginian gan,jam 1 malem pula,jadi takut

    BalasHapus
  2. atut gan
    merinding saya :v :v

    BalasHapus
  3. oke mas makasi atas infonya...good

    BalasHapus
  4. wah jebakan betmen dong info yang menarik

    BalasHapus
  5. ane pernah jadi korba jebakan ini

    BalasHapus
  6. Info menarik gan, gambarnya buat saya terkejut tadi..haha..
    terima kasih sudah berbagi gan

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Terimakasih gan infonya :D
    jadi tau sejarah internet scamer (y)

    BalasHapus
  9. Korban keusilan temen nih :3
    Masih parno maen game begituan :'3
    Thanks infonya

    BalasHapus
  10. Oh Namanya Internet Screamer,Jujur saya baru tahu dan memang saya sendiri pernah jadi korban game itu :v , Pertama sih seru eh malah keluar gambar kaya gitu
    kan kaget :v , Makasih sudah sharing :)

    BalasHapus
  11. Buat jahilin teman enak ini hahah..
    Makasih infonya

    BalasHapus
  12. Wkwkwk dari jaman baheula masih ada aja nih video
    ini nih video yang bikin bulu gidik merinding kalo notn sendirian wkwkwk :v

    BalasHapus
  13. sering jadi korban ginian -_-

    BalasHapus
  14. tetep agak kaget ane liat gambarnya, wkwkwk.
    Kadang ane juga sering dijebak temen pakek ginin tapi pura-pura aja gk kaget jadi tetep stay cool.

    BalasHapus
  15. nice artikelnya dan sangat bermanfaat.. terimakasih telah berbagi..

    BalasHapus
  16. kapok bikin jantungan yang kaya ginian

    BalasHapus
  17. baru tau nih jebakan betmen namanya internet screamer.. musti waspada klo di tawarin nonton video gak jelas, bisa2 jantungan :D
    thanks infonya gan

    BalasHapus
  18. Hahahah.... ane sering banget ketipu beginian.... serasa jantung mau lepas dari tubuh

    BalasHapus
  19. Pernah juga jadi korban begituan. ckckc bisa jadi senam jantung

    BalasHapus
  20. sering jadi korban ginian gan tapi sering juga ngerjain orang pakek ginian hehe

    BalasHapus
  21. Sering banget ane jadi korban jahil temen-temen ane

    BalasHapus
  22. awal nyoba mah saya penasaran wkwkwk, eh kena trap deh, enaknya waktu kena trap itu ngetrapin orang yang belum tau itu apa wkwkwk nice post deh wkwkwk

    BalasHapus
  23. ngeri yah . tapi asik baca ceritanya . thanks udah share

    BalasHapus
  24. hahaha, ane ngak takut tuh. lebih takut lagi sama mtk

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  26. Dulu mah sering nemuin sekarang udah jarang.

    Sepertinya udah habis masa trennya, makasih ulasannya.

    BalasHapus
  27. Whahaha ngeri juga gan internet scramer..!!

    BalasHapus
  28. orang mah ada-ada aja kalau bikin sesuatu. malah niat bangeet kayaknya mau nakutin orang

    BalasHapus
  29. aq ingat pada mulanya saat itu ntah tahun 2010 , aq nonton video di hape kawan,, yang kursi goyang2 itu ,, hampir saya aq ngebanting hape kawan gara2 terkejut, untung ngelemparnya dia atas kasur kamar kos

    BalasHapus
  30. saya sering kena trap seperti itu . :D . bikin cpot jantung aja :D

    BalasHapus
  31. sering banget di kasi link ga jelas kaya gini

    BalasHapus

Jangan lupa untuk komen gan :D
Masak baca doang ga komen :'(
klo ada yg ditanyakan atau request silahkan. Saya balas secepatnya
Komen apa gitu kek. Biar ngga sepi blognya

Paypal