Jangan lewatkan artikel lainnya dengan mengeklik tombol like

Iklan Pop up Warning

Pasang Iklan Gan

Iklan

Pasang Iklan Gan

15 Rekomendasi Anime yang Mirip dengan Shigatsu wa Kimi no Uso

Rekomendasi Anime yang Mirip dengan Shigatsu wa Kimi no Uso - Your Lie in April atau lebih sering kita dengar Shigatsu wa Kimi no Uso merupakan salah satu anime paling top di mata pecinta anime. Anime ini memadukan antara musik dan genre romance, Shigatsu sukses membawakan kisah cinta yang tragis dengan memanfaatkan media musik untuk mempengaruhi emosi penontonnya.
Tidak diragukan lagi kalau Anime ini adalah Anime yang memiliki ending susah dilupakan. Jika kalian membaca artikel ini, maka kemungkinan besar kalian sudah menonton animenya, jadi saya tidak perlu lagi untuk mengulang sinopsisnya.

Oke, langsung kita mulai ke pertama

1. Kids on the Slope

Kaoru Nishimi pindah ke Kyushu untuk hidup dengan kerabatnya. Dia menjadi siswa teladan sekaligus siswa yang sering menyendiri. Kemudian hidupnya berubah ketika ia bertemu Sentaro Kawabuchi, anak nakal yang terkenal di terkenal sekolah. Melalui dia, ia belajar musik jazz dan bersahabat dengannya.
Mirip dengan Shigatsu hanya saja beda aliran musik.

2. Plastic Memories

Anime lain yang memiliki kemiripan dari segi ending. Diawali dari sebuah pertemuan, kemudian taaruf, lalu timbullah rasa ketertarikan satu sama lain karena memiliki beberapa kesamaan. Sampai pada akhirnya mereka berpisah, karena emang bukan jodoh kali ya.
Kedua anime ini memiliki kesamaan konsep yakni pertemuan dan perpisahan. Cuman kalau di Shigatsu si Arima baru nyadar aja.
Kalau kalian mencari anime yang mirip dengan Shigatsu, Plastic Memories mungkin cocok untuk kalian.

3. Angel Beats!

Yup, seperti yang nomer dua, Angel Beats juga memiliki akhir yang tidak jauh berbeda.
Sepasang manusia saling belajar kehidupan, lalu dipertemukan oleh situasi yang sama. Mereka belajar dari satu sama lain, melalui cobaan dan penderitaan. Sampai akhirnya dipisahkan oleh takdir.
Kalau bicara masalah rekomendasi anime yang berakhir tragis atau sad, biasanya karyanya Jun Maeda selalu masuk ke daftar, jadi kayak udah nggerombol gitu. Tapi biasanya saya memberikan rekomendasi bukan hanya dari segi kesamaan ending saja, tapi juga segi yang lain.

4. Sakurasou no Pet na Kanojo

Sorata dikeluarkan dari asrama-SMAnya karena membawa masuk kucing ke dalam asrama, dan ditempatkan di asrama kecil yang disebut Sakuraso. Sakurasou adalah tempat murid yang bermasalah, susah diatur dan aneh, tapi unggul dalam bidang lain seperti: animasi, penulis naskah, programman dan sebagainya.
Kedua anime ini memiliki pesan yang sangat dalam, mengajarkan kepada kita apa itu arti kerja keras, cobaan hidup dan arti sebuah pertemanan. Sakurasou ni petna Kanojo memiliki kesamaan dengan Shigatsu, yakni kebanyakan karakternya langsung memikirkan karir ketimbang sekolahnya.

5. Ore Monogatari !!

Kalau Shigatsu wa Kimi no Uso lebih fokus pada musik dan drama, justru Ore Monogatari lebih ke komedi dengan bumbu romantis. Hubungan antara karakter yang benar-benar mirip.
Kedua anime ini memiliki karakter utama yang kurang percaya diri, dan tiba-tiba terlibat sebuah hubungan dengan seorang gadis sampai akhirnya jatuh cinta dengan. Namun, karena kurangnya rasa percaya diri, mereka berpikir bahwa gadis itu naksir sahabat karakternya, yang sahabatnya ini anak yang tampan dan berani, eh maksudnya keren serta populer.

6. Hyouka

Keduanya memiliki gaya yang sama yakni tokoh utama laki-laki yang agak membosankan dan kehidupannya juga membosankan. Ditambah adanya pertemuan dengan seorang gadis yang berkepribadian optimis yang membantu mengubah pandangan mereka.

7. Black Bullet

Shigatsu wa Kimi no Uso dan Black Bullet keduanya melibatkan seorang pria muda yang bertemu seorang gadis dan gadis itu memberikan sebuah pengalaman yang berharga.
Protagonis Arima Kousei dan Satomi Rentarou Memiliki sifat yang sangat peduli dan mencoba untuk mendekati gadis yang agak kekanak-kanakan. Mereka juga berusaha untuk menjadi lebih baik dalam satu-satunya hal yang mereka unggul di dalamnya dan berjuang untuk mencapai impian. Kedua orang berbakat ini memiliki masa lalu yang tragis, yang mereka gunakan sebagai motivasi untuk diri mereka sendiri dan membuat mereka untuk menjadi yang terbaik.
Selain itu, karakter wanita utama keduanya sarat dengan masalah kesehatan.

8. EF - A Tale of Melodies

Keduanya memiliki musisi yang berhenti atau ingin berhenti bermain. Keduanya memiliki seorang gadis yang menginspirasi untuk terus melangkah. Keduanya juga memiliki karakter yang penyakitan.
Kesamaan lainnya juga pada Karakter yang pernah disiksa secara fisik. Keduanya memiliki karakter yang harus berurusan dengan kematian orang yang dicintai. Keduanya memiliki karakter yang harus menghadapi cobaan berat di masa lalu. 
Ef: a Tale of Melodies berkaitan dengan karakter lebih ke dewasa, sementara Shigatsu lebih ke siswa sekolah menengah.
 

9. Golden Time

Golden Time dirilis tidak lama sebelum Shigatsu KimiUso, namun keduanya memiliki beberapa kesaman. Misalnya, protagonisnya yang kepalanya pernah atau sering bocor, Protagonisnya yang menyukai seorang gadis yang tampaknya seperti sahabatnya. Protagonis di kedua anime ini juga menderita gejolak emosi internal karena dihantui masa lalu mereka. Untuk Arima, itu masalah pendengaran, dan kenangan ibunya. Sedangkan untuk Banri, itu amnesia, dan kenangan tipuan kehidupan masa lalunya sebelum ia menderita amnesia. Karakter wanita di kedua anime ini, Kaori dan Kouko juga memiliki kepribadian yang optimis, namun saya lebih suka kepribadiannya Kaori, Kaga Kouko kayak tai. Perbedaan kedua anime ini terletak di jenjang pendidikan yang ditempuh karakternya.
 

10. White Album 2

Di dalam anime ini, musik memainkan peran yang cukup penting dalam pengembangan karakter dan hubungan asmara. Juga banyak drama di setiap scenenya. Perbedaannya White Album 2 pembawaannya lebih serius sedangkan Shigatsu wa Kimi no Uso cenderung kurang serius, dapat dilihat pada adegan komedinya. 
Sedikit peringatan, bagi kamu yang kurang suka NTR lebih baik jangan menonton anime ini. Tapi kalau penasaran juga gak pa pa.

11. Kiniro no Corda: Primo Passo (La Corda D'Oro: Primo Passo)

Kahoko Hino adalah mahasiswa di salah satu sekolah paling bergengsi. Di sekolah ini ada dua cabang dan salah satunya adalah cabang musik. Namun, Kahoko tidak memiliki pengetahuan musik sampai munculnya peri bernama Lili. Dia diberikan sebuah biola ajaib. Karena pertemuan ini, Kahoko menjadi satu-satunya siswa normal yang bermain di kompetisi musik yang diselenggarakan oleh sekolah. Sekarang, ia menjadi terlibat dalam persaingan di antara sesama teman-temannya.
Kiniro no Corda menceritakan perjuangan menjadi seorang musisi. Sama halnya dengan Shigatsu, di mana karakternya akan dilibatkan dalam konflik internal dengan gaya bermain mereka. Kiniro menekankan pada pentingnya menggunakan perasaan dan emosi untuk bermain. Anime ini juga memiliki pemain biola. Anime ini memiliki beberapa musik yang indah melengkapi alur cerita juga dengan musik klasik menjadi pilihan. Jika Kalian suka anime seperti Shigatsu, anime ini bisa kalian coba.

12. Tari Tari

Sebuah resital diadakan setiap tahun di SMA Shirahamazaka untuk siswa yang memiliki bakat musik. Konatsu Miyamoto adalah seorang mahasiswa paduan suara, tetapi karena penampilannya pada tahun sebelumnya, ia telah dilarang mengambil bagian dalam resital ini. Dia lalu membuat sebuah paduan suara yang kedua untuk mengejar impiannya. Konatsu menyadari bahwa hal ini lebih sulit dari yang ia pikirkan. Dia harus mencapai jumlah minimum siswa untuk membentuk sebuah klub. Akankah dia dapat menemukan orang-orang yang dia butuhkan agar bisa menyanyi di resital tahun ini?
Tari Tari adalah Anime menyentuh tentang bagaimana bernyanyi bersama dan membawa kelompok bersama-sama juga. Mirip banget sama Shigatsu.

13. Fullmoon wo Sagashite

Anime ini berkisah tentang seorang gadis muda dengan bersuara yang indah, namun harus berperang melawan oleh tumor ganas. Masuk dalam dua shinigami yang mengatakan bahwa dia memiliki satu tahun untuk hidup, tapi ia berencana untuk membuat sebagian besar dari itu.

14. Hibike! Euphonium

Hibike mungkin anime yang kirimipannya paling banyak, anime ini memiliki karakter yang menggemaskan.
Hibike berbagai tema dengan Shigatsu, termasuk drama / romance / komedi tetapi juga ikatan di bagian musik.

15. Piano no Mori

Amamiya Shuuhei pergi dari Tokyo ke sisi negara karena kesehatan neneknya yang memburuk. Ayahnya adalah seorang pianis terkenal dan Shuuhei telah mengambil pelajaran piano yang sejak ia masih sangat muda, bercita-cita untuk mengikuti jejaknya. Di sekolah, ia diejek oleh teman-teman sekelasnya. Dia berani untuk bermain piano di hutan. Piano ini dikatakan dikutuk: jika Anda bermain, tidak ada suara yang datang. Setelah sekolah, Ichinose Kai, anak laki-laki di kelas yang sama pergi ke hutan. Ketika Shuuhei mencoba untuk bermain dia gagal, tapi Kai memainkan lagu yang indah.

Bonus : Hanbun no Tsuki ga Noboru Sora

Berfokus pada hubungan antara Yuichi Ezaki dan Rika Akiba. Keduanya dirawat di rumah kota Yuichi karena kondisi mereka masing-masing. Yuichi memiliki penyakit hepatitis A, sementara Rika memiliki masalah dengan katup jantung yang lemah. Remaja ini kemudian jatuh cinta saat mereka menghabiskan waktu dengan satu sama lain. Kisah ini berbasis di Ise, Prefektur Mie.
Di ending ditampilkan gambar Yuichi dan Rika dan gambar saat menikah. Mirip seperti Shigatsu yang karakternya penyakitan.
Yup, demikian artikel kali ini. Semoga bermanfaat! Maaf bila ada beberapa kata kata yang kurang jelas, karena beberapa saya ambil dari forum forum.

1 Response to "15 Rekomendasi Anime yang Mirip dengan Shigatsu wa Kimi no Uso"

Jangan lupa untuk komen gan :D klo ada yg ditanyakan atau request silahkan. Kami balas secepatnya

Paypal